Cara Menghitung Porsi Catering Pernikahan - SewaGedungNikah.com

SewaGedungNikah.com

Untuk Anda yang sedang merencanakan pernikahan, seringkali pertanyaan "bagaimana caranya menentukan jumlah porsi yang akan dipesan untuk acara nikahan" terngiang ngiang di fikiran. Karena tentu saja, sebagai yang punya acara kita tidak mau tamu - tamu yang hadir di acara pernikahan kita tidak mendapatkan makanan.

Oleh karena itu, saat menentukan jumlah porsi makanan yang kita pesan kepada catering, Anda perlu yakin bahwa makanan itu akan cukup untuk menjamu tamu - tamu yang hadir. Oleh karena itu,
berikut kami jelaskan bagaimana cara menghitung porsi makanan utama (buffet / prasmanan) yang akan dipesan:

1. Tentukan jumlah undangan yang akan disebar, dikali 2
Walaupun terkadang ada tamu yang membawa rombongan ketika hadir di acara pernikahan, namun juga ada tamu yang hanya datang sendiri. Apalagi jika kebanyakan kawan-kawan Anda masih single

2. Hitung jumlah anggota keluarga yang kemungkinan hadir "tanpa undangan"
Event pernikahan kerap kali dijadikan ajang berkumpulnya keluarga besar setelah beberapa saat terpisah. Untuk itu, Anda juga perlu memperkirakan jumlah keluarga yang akan hadir.

3. Hitung perkiraan tamu yang kemungkinan besar hadir
Rata - rata, tingkat kehadiran tamu adalah 80%, namun tidak menutup kemungkinan bahwa yang hadir akan lebih rendah atau lebih tinggi dari itu. Di antara faktor yang mempengaruhi banyaknya undangan yang hadir adalah: tingkat kedekatan emosional (keakraban), dan juga libur panjang. Tentu, semakin Anda / orang tua Anda supel, semakin besar kemungkinan orang yang Anda undang akan hadir.


Jadi, jika misalkan Anda akan menikah, dan berencana mengundang 500 orang, dan memiliki 40 orang keluarga dari pihak pria, dan 30 orang dari keluarga wanita, maka hitungan nya kurang lebih seperti ini:

(500 + 40 + 30) x 2 = 570 x 2 = 1.140 orang
Jumlah tamu yang kemungkinan besar akan hadir = 1.140 x 80% = 912 orang
Oleh karena itu, untuk kondisi di atas Anda cukup memesan 900 porsi makanan utama saja. Dan berdasarkan pengalaman kami, saat pengantin menggunakan hitungan seperti di atas, maka makanan tidak pernah kurang.

Bagaimana menghitung jumlah menu gubugan?


Sedangkan untuk makanan gubugan / stall, dengan asumsi rata-rata tamu akan mencicipi 4 gubugan, maka cara menghitungnya adalah seperti ini:
Jumlah tamu yang kemungkinan besar hadir x 40% x 4 (menu)
= 912 x 40% x 4
= 370 x 4 = 1.480 porsi

Jika masing - masing gubugan terdapat 200 porsi, maka Anda perlu menyiapkan 1.480 : 200 = 7,4 yang bila dibulatkan menjadi 8 menu gubugan.

Jadi, kesimpulan nya dengan perhitungan di atas, dengan mengundang 500 orang, ditambah 70 anggota keluarga, Anda cukup menyediakan 900 Porsi makanan utama & 8 menu gubugan.

Dan sekali lagi, menurut pengalaman kami, jika pengantin telah melakukan perhitungan dengan cermat seperti di atas, maka kekhawatiran akan kekurangan makanan tidak perlu lagi menghantui Anda.

Semoga membantu, ya.

Untuk Anda yang sedang merencanakan acara pernikahan, silahkan klik >> Tanya Paket nikah agar kami dapat membantu wujudkan pernikahan impian anda.


Terima kasih





2 comments:

  1. Maaf refisi tanggal Yg berminat buat resepsi di gedung Depsos Bekasi timur tgl 11.-2-2018 malam hubungin saya 081289920179 A/n insan dikarenakan saya mau pindah tanggal resepsi jdi saya Mao oper sewa gedungnya lebih lengkapnya hubungin saya.

    ReplyDelete
  2. So let us go into the details of catering business at large and small level and how to fill the catering tender to get the big projects. best Catering in Southport

    ReplyDelete