Persiapan Menikah, Mulai Dari Mana? - Sewa Gedung Nikah

Hallo calon pengantin yang berbahagia. Anda sedang merencanakan pernikahan namun masih bingung mau mulai persiapan pernikahan dari mana dan apa saja yang harus disiapkan? Berikut ringkasan hal hal yang perlu Anda persiapkan ketika ingin melangsungkan pernikahan:

1. Persiapkan calon pasangan Anda
Hal pertama yang perlu Anda siapkan ketika merencanakan pernikahan adalah memastikan calon pasangan Anda sudah ada. Anda ingin menikah namun belum mengetahui siapa yang akan jadi calon pasangan Anda? Tutup artikel ini dan tengok kanan atau kiri, barangkali ada calon jodoh Anda disana. :) Namun jika calon pasangan Anda sudah ada, silahkan lanjutkan baca artikel ini. #kidding





2. Tentukan target waktu pelaksanaan
Tetapkan target kapan acara akad nikah serta resepsi pernikahan akan dilangsungkan. Para orang tua zaman dahulu bahkan sampai sekarang terkadang memiliki tanggal yang dianggap baik untuk melangsungkan pernikahan demi kelancaran hidup sang anak setelah pernikahan nantinya. Namun yang perlu diperhatikan adalah disarankan untuk pengantin menyiapkan tanggal alternatif karena tak jarang tanggal baik yang ditentunkan berbenturan dengan jadwal ketersediaan gedung.

3. Lokasi akad & resepsi Anda
Jika Anda telah menentukan tanggal perkiraan pelaksanaan acara pernikahan yang Anda rencanakan, kini saatnya Anda menentukan dimana Anda akan melangsungkan akad nikah dan juga resepsi pernikahan. Faktor yang perlu diperhatikan ketika menentukan gedung di antaranya adalah: biaya (harga sewa), charge yang ditapkan gedung (terhadap catering), lokasi, dan tentunya ketersediaan tanggal. Jika Anda memerlukan daftar gedung pernikahan di Jakarta dan sekitarnya, silahkan klik >> Tanya gedung nikah di Jakarta 

Baca juga:
Daftar Gedung Sekitar TMII
Syarat Nikah KUA

4. Pilah pilih catering
Setelah Anda mendapatkan gedung yang Anda pilih, kini saatnya Anda menentukan catering yang akan melayani kebutuhan Anda saat pelaksanaan resepsi pernikahan Anda. Dalam menentukan catering, hal yang perlu Anda tanyakan adalah ketersediaan waktu, karena beberapa catering yang bagus membatasi jumlah acara yang dilayani dalam sehari demi terjaganya kualitas. Selain itu, Anda juga perlu test food agar dapat merasakan langsung masakan yang disajikan. Dan selain rasa, tentu Anda juga perlu memperhatikan harganya.

Baca juga: Cara Hitung Porsi Catering

5. Menentukan rias pengantin
Jenis kulit tiap orang seringkali berbeda - beda, begitu juga standar cantik bagi tiap orang berbeda beda. Oleh karena itu, rias pengantin yang cocok bagi tiap orang juga tentu berbeda-beda. Namun sebelum Anda menentukan perias mana yang akan Anda gunakan, silahkan komunikasikan dengan catering pilihan Anda. Karena seringkali jika memesan perias melalui catering yang Anda pilih, Anda bisa mendapatkan harga paket yang lebih murah. Dan jika Anda ingin tahu perias mana saja yang menjadi rekanan kami, silahkan klik >> Tanya Daftar Rias Pengantin

6. Pilah pilih Dekorasi
Menentukan jenis dekorasi dapat ditunda hingga Anda mendapatkan rias dan busana pengantin yang paling cocok. Karena dekorasi bisa didesain menyesuaikan dengan baju serta riasan yang Anda gunakan.

7. Cetak undangan & souvenir
Mencetak undangan dan souvenir adalah hal yang terlihat sepele namun memiliki peran penting. Biasanya, dalam proses pencetakan undangan, Anda akan melakukan beberapa kali revisi hingga mendapatkan hasil final sesuai keinginan Anda. Sedangkan souvenir, kecuali Anda ingin membuat yang betul-betul otentik, cenderung lebih mudah karena sudah terdapat template nya. Sehingga proses pembuatannya dapat dilakukan sekitar 3 bulan menjelang hari H.

Baca juga: Prosesi Siraman Adat Jawa

8. Barang seserahan
Mempersiapkan barang - barang seserahan cenderung gampang - gampang susah. Maka, jika Anda sudah mendapatkan tanggal untuk melangsungkan pernikahan, maka lebih baik mulai mencicil barang-barang yang akan digunakan dalam prosesi serah terima menjelang akad nikah nanti. Sehingga, Anda tidak terburu-buru. Pssttt.... dalam pemilihan barang-barang, lebih baik ajak sang pengantin wanita. Karena pada akhirnya pengantin wanita lah yang akan menggunakan barang-barang seserahan itu.


Bagaimana, sudah terbayang apa yang perlu segera Anda lakukan setelah ini? Yup, betul. Tentukan target pelaksanaannya. Jika sudah, silahkan klik >> Cek Pricelist 2020

Selamat Berbahagia :)

No comments:

Post a Comment